Protein tidak hanya berasal dari daging, tetapi juga terdapat pada beberapa sayuran dan sumber yang lain.

Manfaat protein bagi tubuh pun beragam, mulai dari membentuk otot, memperkuat tulang, hingga menjaga kesehatan kulit dan pembuluh darah. Protein juga digunakan tubuh sebagai sumber untuk mereparasi jaringan serta memproduksi hormon dan enzim lainnya.

Untuk para vegetarian, sayuran-sayuran kaya protein nabati ini bisa menjadi sumber nutrisi untuk menggantikan daging.

Apa saja sumber protein nabati? Dikutip dari Times of India, berikut ini 7 sayuran yang kaya protein nabati:

1. Kentang

Kentang sebagai Sumber Protein Nabati

Satu buah kentang ukuran sedang mengandung 3 gram protein, potassium, vitamin C dan serat. Mengolah kentang untuk dimakan pun mudah, bisa direbus, dipanggang, hingga digoreng.

2. Brokoli

Brokoli sebagai Sumber Protein Nabati

Brokoli sebagai Sumber Protein Nabati

Ada alasan khusus mengapa brokoli disebut sebagai sayuran super. Satu porsi brokoli kaya akan protein nabati dan serat, dua nutrisi penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

3. Kembang kol

Kembang Kol sebagai Sumber Protein Nabati

Kembang Kol sebagai Sumber Protein Nabati

Kembang kol bisa jadi pilihan makanan saat diet. 100 Gram kembang kol mengandung 3 gram protein dan 25 kalori. Selain itu, kembang kol juga kaya akan potassium, kalsium, mangan, magnesium, dan zat besi.

4. Jamur

Jamur sebagai Sumber Protein Nabati

Jamur sebagai Sumber Protein Nabati

Enak digoreng ataupun ditumis, jamur kaya akan protein nabati. Jamur juga memiliki efek baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Bayam

Bayam sebagai Sumber Protein Nabati

Bayam sebagai Sumber Protein Nabati

Ingin mendapatkan kandungan protein nabati maksimal dari bayam? Rebus saja. Bayam selain kaya protein, juga tinggi kandungan vitamin C, asam folat, dan vitamin B kompleks.

6. Jagung

Jagung sebagai Sumber Protein Nabati

Jagung sebagai Sumber Protein Nabati

Jagung tak hanya tinggi karbohidrat, namun juga tinggi protein. Konsumsi jagung rebus sebagai pengganti nasi bisa membantu pencernaan karena kandungan seratnya yang banyak.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sebagai Sumber Protein Nabati

Kacang-kacangan sebagai Sumber Protein Nabati

Kacang-kacangan disebut sebagai super food karena kaya vitamin A, serat dan potassium. Kacang juga sumber protein nabati terbaik yang mudah diolah untuk berbagai menu masakan.